Everything is Knowledge

dari dan untuk Kalimantan Timur

Banjir Kian Menggila

Posted by Didin pada Juni 23, 2007

KaltimPost – Jumat, 22 Juni 2007

Ruang Tunggu Bandara Temindung Ikut Tergenang
SAMARINDA – Bencana banjir kiriman Waduk Benanga membuat separuh Kota Samarinda tergenang. Banjir yang terjadi dua hari ini belum menunjukkan tanda-tanda akan surut. Bahkan debit air cenderung naik. Bagaimana Pemkot Samarinda menangani banjir? Berbagai upaya telah dilakukan. Dari membangun polder air di Air Hitam dan di Gang Indra juga melakukan pengerukan Sungai Karang Mumus (SKM). Namun upaya yang dilakukan kurang efektif karena faktanya masih terjadi banjir di sekitar SKM.

Genangan air di beberapa titik jalan protokol Samarinda Utara dan Samarinda Ilir semakin parah. Bahkan ruang tunggu dan halaman Bandar Udara (Bandara) Temindung ikut terendam. Kendati air di Bendungan Benanga dikabarkan mulai berkurang.

Ribuan jiwa di lima kelurahan Samarinda Utara mengalami kebanjiran paling parah. Tercatat 5.917 kepala keluarga (KK) rumahnya kemasukan air.

Camat Samarinda Utara Marnabas menyebutkan, angka sementara 5.917 KK di lima kelurahan. Terbanyak, warga Kelurahan Temindung Permai yang jumlahnya di atas 4 ribu KK. “Data sementara yang kami himpun, 5.917 KK terkena banjir. Kelurahan Temindung 4.155 KK, Gunung Lingai 486 KK, Sempaja Selatan 593 KK, Sungai Pinang Dalam (485 KK) dan Kelurahan Bandara belum terdata,” kata Marnabas kepada Kaltim Post, kemarin.

Bantuan sementara dari Pemkot Samarinda baru berupa 5 ribu dus mi instan. Hari ini akan diserahkan 60 ton beras kepada korban banjir di lima kelurahan itu. “Informasi yang kami terima, satu orang tewas akibat tersengat listrik di Temindung Permai,” kata Marnabas.

Sementara itu, wali kota Samarinda mengunjungi banjir di beberapa titik banjir. Di Kelurahan Temindung Permai mampir dan menyerahkan secara simbolis bantuan mi instan kepada warga. Kemudian bergegas ke Bendungan Benanga dan menyatakan tidak benar isu bendungan dijebol. “Hanya isu. Tidak benar bendungan dijebol. Coba lihat sendiri,” tandas Amins kepada wartawan.

Setelah dari bendungan, Amins mengunjungi warga Perumahan Griya Mukti Sejahtera, Sempaja, berbincang-bincang dengan warga dan menyerahkan bantuan secara simbolis. Amins juga menyuruh stafnya untuk membeli dua perahu motor untuk keperluan warga yang kebanjiran di perumahan itu. Amins dan rombongan juga menunjau Perumahan Bengkuring dan singgah di posko banjir perumahan itu. Amins juga menjanjikan membelikan perahu motor. (ar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: