Everything is Knowledge

dari dan untuk Kalimantan Timur

Riding Skills – Teknik Menikung…!!!

Posted by Didin pada Juni 23, 2007

By Triatmono

Topik ini sangat penting terutama kalau mau mengendarai moge… terlebih-lebih moge sportz..mutlak kudu tahu…!!! Hal ini disebabkan moge sportz yang pakai fairing dan sudut beloknya yang lebih sempit, berbeda dengan moge-moge lain. Teknik menikung jadi sangat penting.. karena banyak yang mengalami kecelakaan di tikungan, gara-gara menyamakan beloknya dengan motor mbebek…!!! Oke .. let we start.. :D 

  1. Teknik pertama yang gampang adalah membiasakan belok out to in. Artinya kalau kita mau belok ke kiri, kita sudah berada disisi kanan dulu. Dengan kata lain cari haluan…!!! Sangat jelas.. kalau ngeliat motoGP, mau belok kekiri tuh motor udah diposisi kanan sebelum nikung… !!! Oke.. jelas khan… nah ini kudu dibiasain…!!!
  2. Teknik kedua, biasa disebut Slow in fast out, dari artinya aza udah jelas… masuk pelan keluar cepat. Ini biasa dilakukan jika track lurus… kita langsung gas pool teruz.. pada jarak tertentu (bisa 100 / 200 meter), langsung mulai melambat dengan oper gigi dan rem.. Teruz pertahankan RPM jangan sampai drop banget.. Kecepatana berapa, tergantung tikungannya… kalau sangat patah, semakin lambat… setelah masuk dan berhasil belok, throttle langsung dibejek… (tapi jika langsung lurus..) tapi jika chicane (letter S, belok kiri dan langsung kanan), yah nggak bisa langsung dibejek…!!!
  3. Teknik yang ketiga adalah counter steering.  Ada beberapa teknik yang termasuk counter steering.
    • Pertama menggunakan bahu (shoulder) maka disebut Shoulder grip. Jika mau belok ke kiri, maka shoulder ditarik ke kiri. Jika mau belok ke kanan, shoulder ditarik ke kanan.
    • Teknik berikutnya adalah menggunakan foot step, sehingga disebut foot step grip. Jika mau nikung ke kiri, foot step ditekan dengan kaki kiri ke arah kiri.  Handle juga ditekan ke kiri. demikian pula sebaliknya.
    • Berikutnya yang agak jarang digunakan, adalah tank grip. Artinya menggunakan tangki bensin untuk belok. Jika mau belok ke arah kiri, maka kaki kanan menjepit tangki untuk ditarik ke kiri. Kalau di MotoGP Pedrosa paling sering menggunakan teknik ini (yah dikombinasi dengan teknik lain tentunya).

Dan terakhir teknik-teknik diatas kudu dipakai dan digabung sehingga menikungnya jadi optimal. Dan teakhir yang paling penting adalah allways focus… karena meleng dikit.. pada kecepatan tinggi.. bisa bubaar…!!! D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: