Everything is Knowledge

dari dan untuk Kalimantan Timur

Riding Skills – Teknik Pengereman…!!!

Posted by Didin pada Juni 23, 2007

By Triatmono

Ingat kejadian motoGP tahun lalu, dimana salah satu rider bersenggolan dan senggolan tersebut mengenai tuas rem depan. Apa yang terjadi..?? Itu motor langsung terbang.. melintir di udara.. dan beberapa rider juga cidera gara-gara persoalan rem depan…!!! Teknik pengereman sangat memegang peranan penting…!!! Nyawa bisa selamat gara-gara teknik ngerem yang bener.. Gue pun pernah ngalamin hal ini… yang untungnya dengan hard braking bisa terhindar dari kecelakaan… Oke let we start… P

Ada beberapa cara untuk melakukan pengereman, yaitu :

  1. Menggunakan rem depan, yaitu tuas rem depan ditarik. Oh ya… posisi yang bener tuh ditarik menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Jelek-jeleknya ditarik hanya dengan jari telunjuk. Ada rider yang menggunakan jari manis atau bahkan kelingking… ini gelooo… sangat bahaya…!! Karena kalau ngerem perlu kekuatan disamping itu juga mempertahankan handling. Yang baru belajar motor.. saran gue pakai teknik yang bener… jangan pakai jari manis atau kelingking… sayangilah nyawa anda… ocreee…!!!
  2. Menggunakan rem belakang (rear brake). rem belakang biasanya untuk kecepatan nggak tinggi. Penggunaan rem belakang biasanya dibarengi dengan rem depan. Jangan ngerem belakang pada kecepatan tinggi… karena jamin daaagh bakalan sliding tuh motor… kecuali elo pemain sirkus.. nggak pa-pa… D
  3. Teknik engine brake digunakan dengan melakukan downshift dari gigi tinggi ke gigi rendah, misalnya gigi 5 ke 4 dan terus ke 3 dst.. Oh iya kembali.. nekennya kopling pake minimal telunjuk dan jari manis tangan kiri… Jangan pake jari manis atau kelingking… Dalam beberapa hal bisa digunakan dari telunjuk sampai kelingking.. Engine brake ini sangat efektif untuk menurunkan kecepatan… dan tentu dibarengi dengan rem depan…
  4. Terakhir yang disebut rem mendadak.. (hard braking)… Yah intinya engine brake, rem depan dan rem belakang kudu bersamaan.. dan ini kudu refleks yang cepet.. Teknik ini digunakan jika obyek didepan rem mendadak… dan kita sedang kecepatan tinggi… maka jika nggak bisa buang ke kiri atau kanan.. hard braking ini kudu dilakukan… yah biasanya dinegara kita.. obyek yang sering ngerem adalah taxi… dimana hanya Allah dan supir taxi.. yang tahu kapan akan ngerem…

Terakhir masalah pengereman… sangat terkait dengan kecepatan… penggunaan kecepatan yang sesuai.. sangat membantu kefektifan pengereman… Keep on safety riding.. bro.. D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: